Kekurangan dan Kelebihan Smartphone Blackberry Priv



Akhirnya, Blackberry secara resmi meluncurkan smartphone berbasis Android terbarunya yang diberi nama Blackberry Priv. Peluncuran samrtphone tersebut terjadi pada tahun 2015 ini. Hal tersebut tidak lepas dari riset dan analisa yang sebelumnya dilakukan oleh tim Blackberry.

Smartphone Blackberry Priv ditujukan oleh Blackberry untuk kalangan kelas menengah ke atas dengan kelas premium. Perlu diketahui bahwa Blackberry Priv ini sebelumnya akan mengusung nama Blackberry Venice, karena kelebihannya di sisi privasi dan memanjakan penggunanya.

Bahkan, Blackberry berani mengklaim bahwa smartphone Android terbarunya ini merupakan yang terbaik dibanding smartphone premium lainnya. Di samping spesifikasinya mumpuni kelebihan Blackberry Priv dari segi fitur premium dan aplikasi eksklusif pun cukup banyak.

Namun, di balik kelebihan-kelebihan tersebut, Blackberry Priv juga memiliki kekurangan. Smartphone premium ini akan dibandrol dengan harga yang cukup tinggi namun dengan kamera depan yang hanya 5MP. Blackberry membandrol smartphone Priv dengan harga Rp 12 juta. Cukup mahal bukan ?

Harga tersebut saat ini setara dengan smartphone besutan Apple, iPhone 6s dan smartphone milik Samsung, yakni Samsung Galaxy S6 Edge. Tapi, seperti apa spesifikasi dari smartphone Blackberry Priv ini ?

Smartphone besutan Blackberry ini dibekali dengan layar bongsor 5,4 inci dan dilengkapi dengan papan QWERTY yang bisa digunakan jika smartphone digeser ke atas. Hal tersebut menjadi salah satu kelebihan dari smartphone Blackberry Priv.



Kembali ke spesifikasi layar, Blackberry Priv mengusung layar lengkung EDGE sama seperti Samsung Galaxy Edge dengan sisi melengkung kanan-kiri hingga tampak sangat elegan.

Layar tersebut juga didukung dengan teknologi Super AMOLED dengan resolusi Quad HD 1440 x 2560 piksel. Kerapatan layar yang tinggi membuat tampilan grafis yang dihasilkan sangat tajam dan halus. Untuk melindungi dari goresan, layar Blackberry Priv dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Pada bagian performa, smartphone Blackberry Priv memiliki kelebihan dengan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 808 yang dimotori oleh prosesor hexa-core 1,8GHz ganda. Spesifikasi tersebut dipadukan dengan RAM 3GB dan pengolah grafis dari Adreno 418 yang sangat gahar ketika digunakan untuk bermain game berkualitas HD.

Sebagai smartphone berbasis Android pertama bagi Blackberry, Priv mengadopsi sistem operasi Android v.5 Lollipop. Hal ini juga termasuk kekurangan dari smartphone ini, karena masih belum diketahui apakah Blackberry akan menyediakan dukungan upgrade OS atau tidak.

Kelebihan lain dari smartphone Blackberry Priv adalah kamera yang sudah beresolusi tinggi yakni 18MP dengan dukungan sensor Sony MX230-S. Sementara pada bagian depan, seperti yang sudah tertulis di atas, yakni mengandalkan kamera hanya 5MP. Hal tersebut juga menurut kami menjadi sebuah kekurangan di samping harganya yang cukup tinggi.

Hasil foto dari Blackberry Priv diklaim sangat bagus, mengingat lensa yang digunakan telah memiliki aperture f/2.0 dan dilengkapi dengan Dual Tone LED Flash. Blackberry membekali produknya ini dengan memori internal sebesar 32GB.



Masalah koneksi internet, Blackberry Priv dilengkapi dengan dukungan dual SIM on 3G HSDPA dan 4G LTE. Blackberry juga menyediakan konten eksklusif dan fitur privasi yang sangat menjaga keamanan data penggunanya. Blackberry Priv juga telah dibekali dengan baterai berkapasitas sangat besar yakni 3410 mAh untuk mencukupi kebutuhannya.

Kelebihan BlackBerry Priv


  • Layar EDGE 5,4 inchi QHD
  • Keyboard fisik QWERTY
  • Prosesor Hexa Core
  • RAM 3 GB
  • Kamera 18 MP Sony MX230-S
  • Internal memori besar
  • Kapasitas baterai cukup besar


Kekurangan BlackBerry Priv


  • Harga relatif mahal
  • Kamera depan 5 MP
  • Harga BlackBerry Priv


Smartphone ini sudah resmi menerima pre order di berbagai negara. Sayangnya belum diketahui kapan BlackBerry Priv akan rilis secara global termasuk Indonesia. Harga BlackBerry Priv dibanderol sekitar Rp 12 Jutaan.

Kekurangan dan Kelebihan Smartphone Blackberry Priv Rating: 4.5 Diposkan Oleh: riskirizqi

0 comments:

Post a Comment