Pembuat Blackberry

Blackberry adalah gadget yang sudah tidak asing lagi di jaman yang seperti ini. Kita bisa menemukan / menjumpai pemakai blackberry dimana saja, mulai dari orang gedongan (kaya) sampai kalangan menengah kebawah. Tapi tahukah anda siapa penemu smartphone blackberry ?

Kalau gak tau teruskan baca artikel ini, bagi yang tahu ya sudah silahkan untuk meninggalkan artikel ini, karna mungkin sudah tidak menarik lagi.

Mike lazaridis yang lahir di Turki 14 agustus 1961 adalah seorang pembuat smartphone blackberry. Beliau sebenarnya bernama lenkap Mihalis Lazaridis. Beliau bukan orang asli kanada. Orangtuanya berdarah yunani. Pada usia sekiar 5 tahun, beliau ikut keluarganya hijrah ke kanada, mereka menetap di windsor, ontario. Sejak umur 12 tahun sebenarnya beliau sudah menunjukan kepintarannya, beliau pernah memenangkan hadiah dari perpustakaan umum windsor karena sudah membaca semua koleksi buku sains perpustakaan tersebut. Orang tua beliau ternyata juga hidupnya gak jauh dari yang namanya benda elektronik. Pada tahun 1979 beliau kuliah di University of waterloo, ontario, kanada. Disinilah beliau mulai merintis RIM (research in motion limited). Pada tahun 1984 waktu beliau masih kuliah, beliau ikut lomba tender perusahaan raksasa otomotif general motor. Project beliau adalah merancang sistem display pengontrol jaringan komputer, dan akhirnya beliau memenanginya. Beliau dapat kontrak kerja senilai 500 ribu dollar US.

Sekilas info : Sebelum beliau mengembang blackberry, beliau sempat menguarkan mobitex yang bekerja sama dengan RAM mobile dan serta Ericsson yang lebih dulu tenar, namun sayangnya mobitex ini kalah bersaing dengan product dari motorola yaitu skytel, sama-sama seperti pager dua arah.

Oke lanjutkan, Mike Lazaris adalah seorang Inovator dan visioner yang mampu melihat apa saja yang diperlukan orang di masa datang yang sangat membutuhkan pertukaran informasi dan data. Alhasil beliau mampu mengeluarkan gadget pintar yang dapat memenuhi kebutuhan pertukaran informasi dan data secara realtime baik dengan text, suara, atau bahkan push mail. Ada sedikit masalah ketika product ini (blackberry) mau release, yaitu brandmark atau nama brand. Pada saat itu RIM memakai jasa Lexico branding di california (sebuah konsultan merk terkenal di amerika serikat) namun masih saja belum menemukan nama yang pas, mudah diingat, dan bernilai jual tinggi. Setelah lama berpikir dan melihat bentuk serta logo brand tersebut tercetuslah nama "Blackberry". Tapi sebelum memakai nama blackberry, Lexico dan RIM sempat mau memakai nama "Promail" dan "Megamail". Sampai akhirnya pimpinan lexico lebih suka memakai nama blackberry dan terpakailah nama blackberry sampai saat ini. Blackberry sekarang sudah terjual hampir 100 juta unit di 91 negara, bekerja sama dengan 500 operator dan menguasai 20.8% pasar telepon pintar. Hanya kalah dengan nokia symbian OS milik Nokia.

Ada kisah unik dibalik suksesnya RIM dalam mencetak blackberry, ternyata Mike Lazaridis adalah seorang mahasiswa DO, hanya dua bulan menjelang wisudanya di University of waterloo. Beliau lebih suka mengurusi perusahaannya dibanding kuliahnya.

Demikian yang bisa share tentang Pembuat blackberry, semoga bermanfaat dan terimakasih :))

Pembuat Blackberry Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment