Tips agar tetap fit saat puasa

Bulan puasa atau bulan ramadhan adalah bulan yang paling indah, karena hanya di bulan itu lah kita bisa mendapat banyak bonus pahala dari Allah SWT lewat banyaknya aktivitas keagamaan yang kita lakukan,
contoh : Sholat, Puasa, Tadarus dll. Cuma di bulan itu kita bisa berpuasa setiap hari. Nah kalo ngomong-ngomong soal puasa pasti dibenak kita akan muncul pertanyaan, bagaimana cara menjaga stamina tubuh agar tetap fit saat puasa ? disini saya membagikan sedikit cara yang menurut saya ampuh untuk mengatasi stamina tubuh agar tidak loyo, Simak ya ?

- Wajib Sahur
Sahur sangat penting bagi stamina tubuh saat puasa, karena saat sahur lah saat-saat dimana kita bisa makan terakhir sebelum puasa seharian. Kalau sahur utamakan makan makan yang berserat tinggi seperti : Daging sapi, Daging ayam, Daging ikan, dll jangan lupa juga minum air putih yang banyak karena itu bisa menjaga stamina kita serta menjaga saluran pencernaan kita saat puasa.

- Aktif dengan menghemat staminaAktifitas memang mengurasa banyak tenaga apalagi saat puasa, tapi jika anda bisa memanage akitifitas anda, saya yakin stamina anda tidak akan loyo saat puasa, tapi bukan berarti anda mengurangi aktifitas anda dengan drastis.

Jika anda sudah mulai bosan dengan aktifitas anda segeralah untuk mencuci muka anda.
Jika anda sering menggunakan komputer saat bekerja, maka kurangilah kecerahan komputer tersebut, karena itu bisa membuat otot mata jadi stres dan nyeri pada kepala. Gunakan banyak cahaya untuk ruangan anda jika tersa ruangan anda terlalu gelap, karena itu bisa mengurangi tingkat stres pasa syaraf anda, sehingga anda tidak merasa cepat lelah.

- Buka puasaBerbuka tepat waktu, jika anda sudah mendengar adzan maghrib segelah anda mengambil makanan atau minuman untuk membatalkan puasa anda. Utamakan minuman dulu dan sesuaikan suhu minuman tersebut dengan suhu badan anda, kalo saya pribadi sih minum teh manis hangat. Jika anda tidak suka teh maka minumlah minuman seperti jus buah yang tidak mengandung asam-asaman, karena jus ini mengandung banyak glukosa yang baik untuk pemulihan stamina kita. Makanan atau minuman yang terlalu banyak mengandung gula juga tidak baik untuk tubuh kita. Jangan terlalu banyak makan makanan berat seperti nasi karena otot perut anda masih belum siap menerima makanan berat secara setahap. Istirahatkan dengan sholat maghrib dulu. Makan malam lebih baik jika anda mengutamakan makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti : nasi merah, roti gandum, pasta dll, protein seperti : daging ayam, daging ikan, kacang-kacangan dll, serta yang mengandung serat dan vitamin tinggi. Dan jangan lupa konsumsilah cairan / air yang cukup ( 1,5 - 2 Liter / hari )

Mungkin ini saja yang bisa saya share tentang tips agar tetap fit saat puasa. Semoga membantu, Terima kasih :) Happy fasting all.

Tips agar tetap fit saat puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment